Login FB
Tentang Penulis

apakah memasang behel bisa membuat susunan gigi menjadi rata?

Tanya Jawab Oleh cmith | General Health | 3 years ago
halo untuk semuanya, sy mau bertanya apakah benar bila kita memasang kawat gigi atau behel bisa membuat susunan gigi kita menjadi rata?ada orang yang mengatakan memasang kawat gigi hanya buat yang maaf "bermulut monyong", saya si ga monyong hehe...tapi susunan gigi saya tidak rata...mohon petunjuknya...
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo muchiaglos

Ya betul, orang dengan pemasangan behel dianjurkan untuk lebih sering memperhatikan keadaan giginya, karena memang dengan memasang suatu benda yang menempel pada giginya cenderung dapat menyebabkan makanan mudah menyangkut di sela-sela behel.
medicalera.com
muchiagloss @ 3 years ago
kata temen, kalau pakai behel membuat gigi jadi kuning. apa itu benar?
medicalera.com
WhitesaLad @ 3 years ago
@owily:
pemasangan behel, atas saja, bawah saja atau atas bawah, adalah sesuai kebutuhannya ^^.
tapi yg perlu diingat, pemasangan kawat gigi harus memperhatikan relasi kontak geligi rahang atas dan bawah. Salah satu tujuan memasang kawat gigi adalah membuat relasi kontak geligi sedideal mungkin. Apabila memang perlu pasang atas-bawah tapi ternyata hanya memasang atas saja ditakutkan tidak tercipta relasi kontak yang baik. dapat juga pada tahap-tahap berikut kawat akan dipasang di kedua rahang untuk menciptakan relasi seideal mungkin ^^
medicalera.com
owily @ 3 years ago
Ingin menanyakan kembali perihal behel ini,
Jika gigi kita mau dipasang atasnya saja itu ada pengaruhnya tidak ya untuk susunan gigi atau rahang? Atau memang dipasangnya harus atas bawah, dikondisikan sebenarnya gigi atas dan bawah kita memang dianjurkan menggunakan behel, tapi kalau dicicil gitu boleh ga ya? Heu, Thx! Temen saya ada yang mau pake behel, cuman pengen atasnya dlu, tp emang gigi atas bawahnya saya rasa memang perlu dibehel.
medicalera.com
cmith @ 3 years ago
wah ternyata bnyk bgt ya manfaatnya, jadi pengen cepet" masang..

Special thanks to :
riocaesar,white salad and arif :)
medicalera.com
Arif Endotel @ 3 years ago
mencoba membantu...

pemakaian behel sendiri berefek pada rongga mulut. Setidaknya ada beberapa efek yang ditimbulkan bila mengenakan behel yakni, rasa sakit ketika pertama kali menggunakan behel. Lubang gigi dan karang gigi akan cepat terjadi karena tidak menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut. Belum lagi efek pada jariangan lunak, terutama pada gusi bibir dan pipi lebih mudah timbul radang gusi dan sariawan.

Dan jika anda memakai behel ada larangan tertentu yang harus dipatuhi. Antara lain mencoba melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah dipasang karena bisa merubah susunan yang telah ditetapkan. Memakan permen karet, permen keras, daging yang liat, keripik, kerupuk yang keras. Mengutakatik sendiri bracket yang lepas atau kawat yang menusuk gigi. Ini sangat berbahaya hubungi dokter untuk penangulangannya. semoga membantu ya.....
medicalera.com
WhitesaLad @ 3 years ago
malam cmith :)
memasang kawat gigi dapat memperbaiki susunan gigi yang tidak rapih, tapi selain itu banyak fungsinya seperti memperbaiki posisi gigi yang salah (maloklusi) dalam mengunyah makanan, dan memperbaiki masalah pengucapan. Cara kerjanya seperti sistem tarikan pada gigi. Orang yang "bermulut monyong" itu adalah keadaan di mana rahang atasnya terlalu jauh maju ke depan dibanding rahang bawahnya, ini disebut keadaan Protrusif. Nah, ini adalah salah satu indikasi pemasangan kawat gigi ^^.
medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo cmith

Dalam ilmu kedokteran gigi, yang mempelajari soal meratakan gigi adalah Ortodonti. Kawat gigi atau behel ini digunakan untuk meratakan gigi yang berfungsi banyak baik untuk fungsi yang lebih baik misal dapat membantu mengunyah makanan, fungsi kosmetik supaya gigi tampak rata dan tidak menimbulkan gangguan penampilan, dan masih banyak lagi.

Penggunaan kawat gigi bukan saja untuk seperti apa yang Anda istilahkan, namun seperti yang disebutkan diatas banyak sekali fungsinya, sebaiknya kalau memang Anda merasa perlu, berkonsultasilah pada dokter gigi terutama dokter gigi yang memiliki spesialisasi di bidang Ortodonti.