Login FB
Tentang Penulis

Sakit Lutut

Tanya Jawab Oleh yudo | General Health | 3 years ago
Permisi semua, saya mw nanya..
Lutut saya ini sakit tapi gak sembuh2 udah lama sekali. sudah setahun. Jadi ceritanya dulu saya main bola terus jatuh krn ditakle dan kayaknya jatuhnya gak pas (saya inget bgt itu pas seminggu sebelum snmptn dan usm stan 2010), lutut saya sampe bunyi âkraakâ!setelah itu saya gak maen bola sama sekali selama 2 bulanan, dan udah di-urut-in beberapa kali, dan setelah sakitnya ilang saya coba maen, tapi anehnya lutut saya ini rentan banget keseleo lagi, rasanya lututnya gak ada ikatannya lagi antara tulang paha dan tulang betis, masih bisa buat lari, lompat dll tapi klo jatuhnya salah dikit aja(maksudnya posisinya agak miring atau gimana) sakitnya minta ampun dan bengkak sampe semingguan baru sembuh lagi. kalau buat jln dan aktivitas normal sudah biasa gak kerasa dan sembuh 100%. saya rasa ini ada yg gk beres dg tendonnya atau otot atau apalah, saya gak tahu makanya saya nanya di sini. mohon ahli2 an suhu2 dokter tolong dijawab pertanyaan sy, thank for answering it, i really appreciate that.

P.S. :gara2 sakit selama 3 bulan setelah jatuh, jln saya pncang, dan setelah sembuh ini kt temen sy jalan sy juga keliatan agak pincang. mungkin ini kebawa kebiasaan pas sakit dulu udh terbiasa jalan pincang sehingga keterusan sampai skarang, bagaimana ya menyembuhkan ini? pdahal saya ngerasa jln sy normal2 aja gk pincang, tapi orang yg nglihat ktnya agak pincang. gk keliatan bgt sih.
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
yudo @ 3 years ago
Thanks Rani, komentr yang sangat membantu sekali. bisa jadi referensi sy nanti ketika berobat.
medicalera.com
rani @ 3 years ago
saya tinggal di Surabaya.. jadi setau saya itu tarif di RSU Haji Surabaya tempat saya menjalankan terapi saya.. maaf, untuk rehab.. setelah tadi saya melihat daftar tarif secara seksama, ternyata tak sampe 80rb.. tarif sekitar 11-50rb sesuai dengan jenis tindakan yang dilakukan.. tapi kalo untuk tarif poli spesialis sih sama 15 rb semua, 15rb.. yang saya tulis 20rb itu adalah tarif maksimal untuk RS sesuai Perda (atau SK Gubernur apa ya?).. yang pasti kalo RS Pemerintah, tarif diatur dan ditentukan oleh pemerintah sehingga kalau untuk surabaya harga yang berlaku adalah maka 20rb maka saya pikir di Jakarta tak akan terpaut jauh.. untuk mana2nya RS Pemerintah yang ada di Jakarta khususnya Bintaro.. saya tak mengerti.. mungkin bisa di search di situs PERSI (Persatuan Rumah Sakit Indonesia)...
medicalera.com
yudo @ 3 years ago
Halo Rani,
itu 80 dn 60 ribu mksdnya?
Mrah skali, kalau bleh tw itu d RS/klinik mana?
Sy tggal d daerah Bintaro.
medicalera.com
rani @ 3 years ago
sebagai orang yang senasib dan sepenanggungan perihal knee injury.. saran saya kalo mau berobat sih nyari aja di RS Pemerintah.. harga relatif murah, 20rban dah dapet spesialis.. trus kalo diminta foto paling habis 60an.. trus kalo rehab paling sekitar 80an.. jatuhnya jadi gak terlalu banyak ;)
medicalera.com
yudo @ 3 years ago
Trimakash dok atas saran dn tanggapannya.<br /> Alhamdulillah, sy gk prnh mrasakn nyeri ktka brjlan/aktvitas biasa. Cuma klo u/ olahrga udh gk bs, agak trauma jg. <br /> Sy memang krg prcya dg pijat/urut altrnatif, jd lbh baik nunggu deh. Mgkn sktr 2-3 thn lagi.
medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo yudo

iya dok, memang rencananya saya mw konsul ke dokter spesialis, tapi karena kondisi sy sedang kuliah dan jauh dari ortu makanya saya pending dulu sampe lulus dan kerja dan sy bisa punya uangs sendiri bwt konsul itu. maklum, kan mungkin pengobatan kayak gitu lma dan mahal.

klo pengobatan alternatif yg agak murah kira2 ada gk ya dok, skitar <Rp500rb gitu?


Menurut pengalaman saya yang pernah memiliki teman yang mengalami hal seperti Anda, dia juga menunggu sampai memiliki biaya, dan memang kalau memang diagnosis saya sesuai dengan apa yang Anda keluhkan tentu kemungkinan operasinya memakan biaya yang tidak sedikit. Namun, sayangnya ia mengalami nyeri dan jalannya agak sedikit pincang sebelum ia di operasi.

Saran saya tetap Anda sebaiknya konsul ke dokter dan dilakukan pemeriksaan radiologis seperti salah satunya adalah pemeriksaan röntgen daerah lutut untuk melihat kemungkinannya. Pengobatan alternatif dengan pijatan malah akan memperparah keadaan Anda, dan sangat tidak disarankan.
medicalera.com
yudo @ 3 years ago
iya dok, memang rencananya saya mw konsul ke dokter spesialis, tapi karena kondisi sy sedang kuliah dan jauh dari ortu makanya saya pending dulu sampe lulus dan kerja dan sy bisa punya uangs sendiri bwt konsul itu. maklum, kan mungkin pengobatan kayak gitu lma dan mahal.

klo pengobatan alternatif yg agak murah kira2 ada gk ya dok, skitar <Rp500rb gitu?
medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo yudo

Dilihat sesaat dari cerita Anda, kemungkinan Anda mengalami suatu trauma pada lutut. Perlu diketahui bahwa struktur di dalam lutut itu banyak sekali mulai dari tulang, persendian, tulang rawan, sampai dengan ligamen.

Memang cedera pada lutut adalah sesuatu yang amat sangat disayangkan dan rentan terjadi pada kasus seperti Anda dan kebanyak pemain bola pada umumnya. Untuk itu memang perlu sekali Anda dilakukan pemeriksaan penunjang mulai röntgen foto untuk melihat struktur pada tulang hingga dengan penggunaan MRI untuk melihat adanya kemungkinan ruptur atau sobek pada ligamen di daerah lutut Anda. Untuk itu memang sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli bedah tulang atau orthopedi untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi pada Anda.

Kemungkinan diagnosis banding yang mungkin terjadi pada Anda adalah:
1. Medial Collateral Ligament tear
2. Keseleo atau sprain
3. Cedera jaringan lunak sekitar lutut