Login FB
Tentang Penulis

obat bius semprot

Tanya Jawab Oleh rani | General Health | 3 years ago
numpang nanya.. *tadi lupa gak nanya waktu di kantor*

saya terkena hemarthrosis, ACL, dislokasi patella, tendonitis patellaris.. dan entah apa lagi.. *terserahlah*.. pokoknya intinya adalah lutut saya bengkak.. nyeri tajam pada satu garis di lutut bagian dalam dan juga rasa menekan pada lutut bagian depan.. sebagai akibat dari kecelakaan motor. saya sedang menjalani fisioterapi, USD *dan entah apalagi, karena tiap 5x ganti terapi* 2 hari sekali selama 1,5 bulan dari sekitar 3 bulan yang diminta Sp.RM dan fisionya..
saat ini sedang belajar berjalan dengan normal (mengayunkan lutut, bukan pincang) meski masih (sedikit) bengkak, namun kaki saya sudah bisa melipat hingga 100drajat *thank's God* :D
masalahnyaaaaa, saya besok akan menjadi pembicara workshop.. dan itu pasti saya akan butuh banyak berdiri.. padahal kaki masih belum bisa lurus secara sempurna.. *jadi kalo berdiri cuma bertumpu pada satu kaki*..
saya sih punya niatan untuk menggunakan obat bius semprot sesekali biar mobilitas tak terbatas.. utamanya saat membawakan permainan.. pertanyaannya adalah..
1. kalo beli tuh obat di apotik, nyebutnya apaan ya?
2. bisa ngilangin nyeri mpe berapa lama?
3. maksimal dipake berapa kali dalam satu hari dan efeknya apaan ya?
terimakasih sebelumnya :)
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
rani @ 3 years ago
huaaa... saya pada dasarnya tak peduli mau analgetik apa anesthesi.. yang penting ROM saya meningkat.. wkwkwk :D
tapi kalo analgesik oral saya peduli.. karena semua jenis analgesik *termasuk tramadol yang (dulu) diresepin (dan sekarang ku tolak) tapi lupa merk dagangnya*, selalu membuat otakku 'melambat'.. padahal aku kan butuh gerak cepat ^^
sebagai ulasan, alhamdulillah acara hari ini berjalan sukses tanpa analgesik ataupun anesthesi *hanya aja setiap 2 jam saya nangis kesakitan di luar.. huu.. udah gitu sekarang lutut mati rasa.. harus ngejar ROM yang udah 100drajat ntu sebelum senin fisio lagi, kalo nggak ntar diomelin :P*.. tinggal 3 session lagi setiap hari sabtu.. wish me luck ;)
oh ya dok, kondisi saya saat ini nggak terlalu serius kan? karena dalam waktu dekat saya berniat untuk climbing :) kalo fisio, optimis 3 bulan.. Sp.RM dan Sp.OT hanya bilang "ya dilatih pelan-pelan.. agak lama sih memang" *fiuhh*
medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo jonojoni

Sebelumnya Anda mengatakan...

kayanya ini sih, lebih cenderung ke faktor 'pain killer' nya saja deh, obat-obatan ini jenisnya bukan anestesi, tapi lebih ke analgetik dengan durasi yang lama


Kloretil bukanlah obat analgetik melainkan obat anestesi, secara fungsi memang sama-sama meredakan nyeri namun anestesi memiliki kelebihan mematikan segala sensasi dari saraf.
medicalera.com
jonojoni @ 3 years ago
halo dr.rio....iya dok saya ngerti chlor etil anestesi semprot, makanya itu saya sedikit kasih pengalaman di klinik aja pada kasus perawatan pedodontik...

mbak rina kayanya yang butuh bukan anestesi semprot, tapi butuh analgetiknya

Salam

medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo jonojoni

Klor etil merupakan zat anestesi dengan kerja cepat, bukan sebagai analgetik karena memang sifatnya selain menghilangkan nyeri dia juga mematikan sensasi terhadap suhu, getar, dan tekanan. Beda dengan analgetik yang hanya bekerja mematikan sensasi nyeri, pasti Anda tahu bahwa di kulit kita memiliki banyak sekali reseptor terhadap sensasi-sensasi ini mulai dari reseptor suhu: dingin dan panas, tekanan, nyeri, getar, dan sebagainya.
medicalera.com
jonojoni @ 3 years ago
ikutan nimbrung karena menarik juga kasusnya...

dr.rio udah jawab yah, anestesi jenis apa, sama halnya di gunakan di kedokteran gigi, pada kasus tertentu bisa digunakan untuk sekedar tindakan cepat saja, misalnya pada pencabutan gigi anak, yang memerlukan reaksi cepat untuk meminimalisir rasa sakit dan tingkat kecemasan anak.

kayanya ini sih, lebih cenderung ke faktor 'pain killer' nya saja deh, obat-obatan ini jenisnya bukan anestesi, tapi lebih ke analgetik dengan durasi yang lama. Soal resep obatnya apa akan lebih etis dokter yang merawat mbak langsung. ^^

Semoga cepat sembuh yah ;)
medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo rani

Chlor etil tidak bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri dalam jangka waktu yang lama apalagi memberikan efek anestesi yang dalam, saya sendiri pengalaman hanya menggunakan ini untuk melakukan tindakan invasif yang bisa dilakukan dengan cepat dan terbatas pada daerah luar saja misalnya insisi abses dan tidak disarankan untuk kasus seperti Anda, melainkan obat-obatan analgetik yang kuat dan bisa memberikan efek anti nyeri dalam waktu yang lama, dan sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda.

Walaupun chloer etil banyak digunakan pada kasus-kasus cedera pada olahraga namun tetap hanya memberikan rasa baal yang sifatnya sementara saja dan tidak mampu bertahan dalam waktu hitungan jam.