Login FB
Tentang Penulis

Bintitan: Chalazion

Info Oleh Qorry | General Health | 3 years ago
medicalera.com

Apakah anda pernah mengalami bintitan? Bintitan adalah istilah yang biasanya dipakai untuk menunjukkan suatu benjolan di kelopak mata atas atau bawah, di luar maupun di dalam. Dari segi medis, bintitan dapat berupa hordeolum atau chalazion.

Hordeolum

Hordeolum adalah suatu abses kecil yang bisa terjadi di dalam kelopak mata (internal hordeolum) maupun diluar (eksternal hordeolum). Hordeolum merupakan hasil proses peradangan disebabkan karena infeksi bakteri staphylococcus.

Chalazion

Chalazion merupakan suatu bentuk inflamasi lapisan lemak pada kelenjar sebasea. Chalazion dapat disebabkan karena obstruksi pada kelenjar maupun karena komplikasi dari hordeolum internal.

Kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai Chalazion.

Chalazion berbeda dengan hordeolum, meskipun penampakannya hampir sama. Chalazion biasanya tidak menimbulkan banyak gejala, tidak terasa nyeri, hanya terasa mengganjal. Chalazion biasanya juga tidak disertai dengan peradangan kelopak mata (blefaritis) seperti pada hordeolum.

Chalazion biasanya muncul pada kelopak mata atas dan dapat sembuh sendiri seiring berjalannya waktu.

Penanganan chalazion

1. Antibiotik topikal
Pemberian salep antibiotik topikal kurang memberi manfaat, karena lesi ini bukanlah lesi yang infeksius.

2. Kompres hangat
Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Kompres bagian mata yang terlibat sambil dipijat-pijat sebentar. Tindakan ini akan memperlancar proses drainase kotoran dalam kelenjar, mencegah terbentuknya chalazion lebih lanjut.

3. Injeksi steroid
Mungkin jika anda termasuk pasien dengan chalazion yang besar atau yang tidak responsif terhadap terapi sebelumya, dokter akan mempertimbangkan untuk menerapi anda dengan injeksi steroid intralesi. Terapi ini terbukti dapat meningkatkan angka kesembuhan hingga 90 % terutama jika dikombinasi dengan terapi konvensional.

4. Pengambilan chalazion
Penanganan terakhir chalazion adalah operasi eksisi, yakni pengambilan sumbatan pada kelenjar yang tersumbat. Sebelum dilakukan pengambilan, terlebih dulu dilakukan pembiusan pada sekitar daerah yang terkena.
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.