Login FB
Tentang Penulis

mata sering kliyengan gejala Vertigo ocularis kah??

Tanya Jawab Oleh chubby | General Health | 3 years ago
Dear dokter..

saya wanita usia 24thn, BB 64kg dan tinggi badan 154cm
sudah seminggu ini saya sering merasa pusing kliyengan sampai terasa mual..saya pengguna kacamata dengan indeks minus 0.75 dan cylindris 0.75 (terakhir cek 3 thn yg lalu) tekanan darah saya kemarin cek 100/70 kedua bola mata saya kalau ditekan terasa sakit (pegal) sehingga menyebabkan pusing sampai mual,sehingga saya harus sering2 copot-pakai kacamata..dan mata saya pun terlihat sayu seperti orang yg kurang tidur,padahal saya tidak dalam keadaan mengantuk..

yg ingin saya tanyakan apakah ini ada hubungannya dengan ukuran kacamata saya yang sudah tidak sesuai karna indeks minus cylindris saya yg sudah berubah?? atau ini ada hubungannya dengan gejala Vertigo ocularis, karna saya juga penderita migrain sudah sekitar 10thn ini..
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo chubby

memangnya kenapa ya dok kalau migrain yg disertai aura kunang-kunang/kilatan cahaya itu?? jadi takut niih.. =(
selama ini sih kalau migrain kambuh saya hanya minum obat PoldanMig saja,tp kalau memang rasa nyeri nya sdh tidak tertahankan saya hanya memeriksakan diri ke dokter umum saja..


Aura itu tanda-tanda klasik untuk migren yang biasanya sering dikeluhkan bagi yang menderitanya, untuk itu memang sebaiknya Anda berobat ke dokter spesialis saraf, selain itu diperlukan juga istirahat yang cukup dan menghindari pencetus yang kira-kira bisa menimbulkan migren.
medicalera.com
chubby @ 3 years ago
Dokter Rio,

trims banget juga untuk advice nya..
kalau migrain saya sedang kambuh, tidak selalu ada aura seperti kunang-kunang/kilatan cahaya, tapi pernah memang beberapa kali seperti itu..tergantung kadar nyeri dikepala saya ketika migrain menyerang..yg jelas setiap migrain saya kambuh memang selalu disertai mual sampai muntah terus-menerus (periodik/setiap beberapa menit/jam) sampai seluruh isi perut saya kosong dan terakhir muntah keluar cairan pahit..
nah biasanya kalau cairan pahit ini sudah keluar rasa nyerinya akan mulai berkurang.. apa karna ini penyakit maag saya?? saya juga sudah lama menderita maag nyaris akut :D (banyak banget ya dok penyakit saya..heheheh)

memangnya kenapa ya dok kalau migrain yg disertai aura kunang-kunang/kilatan cahaya itu?? jadi takut niih.. =(
selama ini sih kalau migrain kambuh saya hanya minum obat PoldanMig saja,tp kalau memang rasa nyeri nya sdh tidak tertahankan saya hanya memeriksakan diri ke dokter umum saja..
medicalera.com
riocaesar @ 3 years ago
Halo chubby

Yang paling penting adalah menghilangkan penyebab sakit kepala yang saat ini Anda alami dengan mengukur kembali kekuatan refraksi yang sebenarnya, seringkali kasus seperti ini terjadi pada orang-orang yang langsung mengukur kekuatan refraksi dengan refraktometer tanpa membandingkannya dengan yang manual dan biasanya ini sering terjadi di optik, padahal dengan manual yang digabungkan dengan refraktometer jauh lebih akurat dengan membandingkan "rasa enak" ketika dicobakan dengan lensa yang jauh lebih sesuai dengan si calon pengguna kacamata.

Sebaiknya memang Anda kembali berkonsultasi kepada dokter mata untuk kemungkinan mengganti kekuatan refraksi yang tepat dan sesuai dengan keadaan mata Anda.

Kalau boleh tahu saat Anda merasakan migren yang sudah berlangsung selama 10 tahun ini apakah sering dirasakan dengan aura seperti melihat kunang-kunang atau kilatan cahaya? Terima kasih
medicalera.com
chubby @ 3 years ago
Pak Andry Wibowo...

Trims banget utk advice nya..memang sih sakit kepala kliyengan ini sudah seminggu lebih saya rasakan..dan puncaknya semalam migrain saya kambuh deh, muntah terus sampai isi perut kosong..

yang saya bingung, kalau mau periksa saya harus memeriksakan ke dokter mata atau ke dokter syaraf ya??
medicalera.com
Andry Wibowo @ 3 years ago
Ho Chubby.

Sakit kepala sangat banyak sekali penyebabnya. Salah satunya memang ukuran kacamata yang tidak sesuai. Seorang pengguna kacamata sebaiknya memeriksakan minusnya tiap bulan sekali, sedangkan anda terakhir kali memeriksakan ukuran kacamata anda 3 tahun yang lalu. Sangat mungkin penyebab sakit kepala anda disebabkan oleh kacamata yang tidak sesuai.

Segera cek ukuran kacamata anda dan gantilah bila memang ukurannya tidak sesuai. Bila anda masih merasakan sakit kepala sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter