Login FB
Tentang Penulis

Yang MUDA yang berUBAN??

Info Oleh 7starsPharm | General Health | 2 years ago
Zaman sekarang ini tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam guna membayar perawatan dan penataan rambut secara rutin. Tapi, kenapa rambut-rambut baru yang berwarna abu-abu, putih, atau pirang, malah muncul lebih dini??

  • Teliti gen Anda

Umumnya uban memangng baru muncul pada saat seseorang mencapai usia 40 tahunan. Tapi, tidak sedikit yang sudah mulai memutih kepalanya di usia 30 tahun. Bahkan, kita juga menjumpai anak remaja yang rambutnya sudah beruban.
Sebenarnya, munculnya uban ditentukan oleh gen. Jadi, kalau orang tua anda kebetulan sudah beruban sebelum usia 40 tahun, maka kemungkinan besar anda akan bernasib sama.
Uban yang muncul di usia muda selain ditentukan faktor genetik, juga bisa disebabkan status gizi yang kurang baik. Misalnya, kekurangan asupan vitamin B. Selain itu, penyebab yang lain adalah gara-gara gangguan pada kelenjar tiroid, anemia atau kekurangan darah, serta kebiasaan merokok. Uban juga cepat tumbuh akibat beberapa jenis penyakit tertentu yang mengakibatkan penurunan fungsi kerja organ tubuh, seperti HIV/AIDS.

Proses Alami
Tumbuhnya uban pada dasarnya sebuah proses alami. Karena sejalan dengan bertambahnya waktu, seluruh sel-sel tubuh kita akan mengalami proses penuaan. Sel-sel tersebut tidak lagi mampu menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk pigmen rambut. Inilah yang menyebabkan rambut kita secara bertahap mulai kehilangan warna, alias menjadi uban.
Jadi, jika sekarang anda berumur 40 tahun dan mulai beruban, itu alami. Tidak peduli sebaik apapun perawatan dan pemeliharaan rambut yang sudah anda lakukan. Maka terserah anda, mau ditutupi dengan semir rambut, atau dibiarkan menghiasi mahkota anda dengan warna keperakan yang indah juga kok 

Bisakah dicegah?
Bisa saja! Berikut program yang bisa anda ikuti :
Perbaiki pola makan dan jaga pola hidup sehat. Selain faktor genetik, uban yang tumbuh terlalu dini dapat pula disebabkan oleh proses sintesis protein di dalam tubuh yang kurang baik.
Hindari dan atasi perasaan negatif. Faktor lain pemicu uban adalah kecemasan atau kekhawatiran, syok, kesedihan mendalam yang berkepanjangan, ketegangan, depresi atau kondisi kejiwaan sejenis yang menyebabkan produksi pigmen rambut terhambat. Jadi, cobalah untuk selalu berlapang dada menerima berbagai masalah sehari-hari.

-----end------
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.