Login FB
Tentang Penulis

Ayo Perempuan, Kenali Organ Genitaliamu

Info Oleh rymi | General Health | 2 years ago

Membicarakan masalah organ genitalia (masih) dianggap tabu oleh masyarakat kita. Informasi tentang bentuk, nama, dan fungsi organ genitalia bahkan tak jarang menjadi misteri.

Tak jarang pula mereka yang memilikinya tidak tahu apa yang dimilikinya. Dengan kata lain tidak mengetahui bentuk, nama, fungsi dan bagaimana cara perawatannya. Bagaimana mau merawat, namanya saja tidak tahu. Atau bahkan tidak sadar kalau ternyata kita ‘memiliki’ organ tersebut.

Padahal organ genetalia tak lebih dari sebuah anggota tubuh. Posisinya bisa disamakan dengan tangan atau kaki atau mata atau perut. Tapi mengapa orang bisa nyaman mengatakan nama-nama anggota tubuh tersebut namun amat berhati-hati dengan pengucapan nama organ genitalia?

Topik artikel ini adalah organ genitalia perempuan. Mengapa perempuan? Karena masih banyak perempuan yang belum menyadari bentuk, nama, fungsi dan perawatan organ genetalianya sendiri. Harapan saya, setelah membaca artikel ini, perempuan memahami apa yang dimilikinya dan bersyukur dengan cara merawat dan menjaga kesehatannya.

Apa saja organ genetalia pada perempuan? Sebenarnya organ genitalia perempuan dibagi menjadi dua bagian, organ genitalia eksterna dan interna. Genitalia Eksterna Wanita memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi kopulasi (hubungan seksual), melindungi organ genitalia interna dari mikroorganisme, dan sebagai jalan lahir janin.

Apa saja anggotanya? Sebagai awalan mari kita kenali organ genitalia eksterna ini terlebih dahulu.

medicalera.com

1. Vulva
Vulva adalah organ yang tampak dari luar dan berbentuk lonjong dengan ukuran panjang dari muka ke belakang. Pada orang awam biasanya dikenal dengan mulut vagina.
2. Mons Veneris
Mons veneris adalah bagian yang menonjol di bagian simpisis pubis dan terdiri dari jaringan lemak. Mons veneris akan ditumbuhi rambut pubis pada masa pubertas. Hal ini, merupakan tanda pubertas sekunder. Fungsi dari rambut pubis selain sebagai estetika juga dapat mencegah terjadinya infeksi.
3. Labia Mayora
Labia mayora terdiri dari bagian kanan dan kiri. Berbentuk 2 buah lipatan kulit memanjang dari mons pubis kearah perineum. Labia mayora ini secara morfologis (strukturnya) identik dengan skrotum pada laki-laki.
4. Labia Minora
Labia minora merupakan suatu lipatan tipis dari kulit sebelah dalam labia mayora. Kedua lipatan kiri dan kanan bertemu berawal dari bawah klitoris menuju ke bagian bawah vagina.
5. Klitoris (Clitoris)
Klitoris atau orang awam menyebutnya kelentit adalah organ kecil yang terletak di atas labia minora. Klitoris identik dengan penis pada pria. Dimana artinya klitoris banyak dialiri pembuluh darah dan urat syaraf, sehingga klitoris merupakan daerah yang sangat sensitif terhadap rangsangan seksual.
6. Meatus urethra eksterna.
Disebut pula lubang urethra. Merupakan bentuk luar saluran tempat keluarnya air seni dari kandung kemih. Terletak 2 – 2.5 cm dibagian posterior basis klitoris.
7. Vestibulum (Vestibule)
Berupa cekungan memanjang antara labia minor dan orifisium vaginae. Lokasi klitoris berada dibagian ujung anterior vestibulum yang berbentuk segitiga. Pada vestibulum terdapat dua buah kelenjar skene dan dua buah kelenjar bartolini, yang mengeluarkan sekret pada waktu koitus (hubungan seksual).
8. Hymen (selaput dara)
Hymen merupakan batas/sekat antara genetalia eksterna dan interna. Hymen normal memiliki lubang kecil untuk aliran darah menstruasi. Bentuknya dapat berupa bulan sabit, bulat, oval, cribiformis, septum atau fimbriae. Hymen dapat robek apabila terkena suatu trauma atau pada saat hubungan seksual dan bentuk lubang menjadi tidak beraturan. Hymen yang abnormal, misalnya tidak berlubang (hymen imperforata) menutup total lubang vagina, sehingga menyebabkan darah menstruasi terkumpul di rongga genitalia interna.
9. Perineum
Perineum terletak di antara vulva dan anus. Perineum mempunyai susunan otot-otot dan saraf serta pembuluh darah yang kompleks. Panjang perineum sekitar 4 cm. Otot perineum yang kaku saat persalinan menyebabkan organ ini robek saat bayi lahir begitu pula sebaliknya.

Itulah bagian-bagian dari organ genetalia eksterna perempuan. Jangan ragu untuk menyebut namanya saat kita membicarakan organ genitalia. Bila konteks pembicaraan yang kita lakukan dalam koridor yang benar maka penyebutan nama-nama bagian organ genitalia ini bukanlah suatu hal yang tabu. Cintailah apa yang kita miliki, mulai dengan mengerti apa namanya, mengetahui bagaimana bentuknya, apa fungsinya dan yang paling penting rawat dengan benar. Kesehatan organ genitalia menunjukkan pribadi yang peduli dengan kesehatan tubuhnya sendiri.
4 like Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
sugitomari @ 1 year ago
mba rymi ; kenapa gak pake gambar yg asli? kan lebih jelas di pahami???
medicalera.com
wong_kito @ 1 year ago
wwow,,,, bikin nafsu ja ini... udah nyampe ubun2,, hahaha

kok bisa dinmakan organ genitalia,,,, knpa ya ???
medicalera.com
amir @ 1 year ago
diposisi mana ya jika merasakan nikmat tidak terhingga.......?
medicalera.com
mutsukichisukawa @ 1 year ago
bagus & baik banget topikny, coz kalau terlalu banyak hal2 tabu, tdk maju2 & terbuka pikiranny!!!.
kalau masih banyak hal yg di tabu-kan, malah tambah banyak aj kriminalitas!!.
medicalera.com
wahyuanggara58173 @ 1 year ago
Tapi Sih Menurut Unsur Pengetahuan Saya Sih Bagus,Tetapi Harus Ada Beberapa Utk Dihormati Utk Hal Mengenai Kaumnnya.
medicalera.com
rymi @ 2 years ago

Halo,
@wagiman : Laki-laki dan perempuan sama-sama harus tahu tentang keadaan organ reproduksinya. Hal tersebut bisa dimulai dari pengetahuan tentang nama dan fungsi masing2 bagiannya. Semoga artikel diatas membantu ya :D

@RyoTry : Silahkan membaca ulasan mengenai organ reproduksi laki laki di medicalera :)

@jaimegarcia : Haha, iya, anda benar. 'Produk' aslinya memang tampak lebih rumit ketimbang gampar yang dipampang diatas. Tapi tidak ada salahnya untuk belajar yang mudah terlebih dahulu, baru melanjutkan ke level yang lebih sulit bukan? :)
medicalera.com
jaimegarcia @ 2 years ago
klo digambar mudah dibedain bagian2nya, klo aslinya susah loh...
medicalera.com
RyoTry @ 2 years ago
Mbak...kalo ulasan untuk organ genital pria nya mana?
medicalera.com
wagiman @ 2 years ago
So Smart...
Apalagi cowok mesti tau banyak ya? hehe..
medicalera.com
rymi @ 2 years ago

Halo RyoTry,
G spot dipercaya berbagai kalangan sebagai zona sensitif perempuan yang bila distimulasi dengan benar akan membuat perempuan mengalami orgasme. Menurut beberapa sumber, G spot dipercaya berada di dinding depan vagina, 5-7 cm dari mulut vagina. Namun untuk memperkirakan keberadaannya pun bukanlah hal yang mudah, karena dalam berbagai penelitian disebutkan G-spot bukan suatu struktur anatomis yang dapat dilihat seperti bagian tubuh lainnya, dan lebih mengarah ke suatu bentuk perubahan fisiologis tubuh.

Beberapa klien saya yang mencoba mengeksplorasi keberadaan G-spot ini pun lebih sering tidak menemukan apa yang diharapkan. Sensasinya masih lebih terasa bila klitoris yang dirangsang, atau payudara, atau ketiak, dan bagian-bagian lain yang disukai masing-masing perempuan. Karena masing-masing perempuan memiliki zona erotis yang berbeda.

Penjelasan lebih lengkap untuk G-spot dan organ genitalia perempuan nantinya akan diulas lebih lengkap di medicalera. Untuk itu silakan rajin-rajin mengecek update artikel kami disini.

Terima kasih :)