Login FB
Tentang Penulis

kulit jari kaki terkelupas,perih dan kadang gatal

Tanya Jawab Oleh arfan | General Health | 2 years ago
Saya Arfan,pria usia 22 tahun,beberapa bulan ini kulit jari kaki saya terkelupas,pada awal hanya gatal,namun 1 bulan kemudian terkelupas hingga menyebabkan luka yang menjadikan perih pada kulit.
Sebelum nya saya tidak pernah mengalaminya,karena itulah saya belum pernah mengobati nya yang akhir nya semakin memburuk sampai pada hari ini saya mencoba merendam kaki saya dengan air hangat yang di campurkan garam,setelah kering saya oleskan obat anti jamur.
Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah benar saya terkena jamur atau "kutu air"?
2. Apakah pengobatan saya sudah benar?
3. Apa pencegahan nya agar tidak mengalami nya lagi?
sebagai catatan yang mungkin di perlukan,saya bekerja selama 8 jam di tempat ber AC dengan menggunakan sepatu kets.
mohon bantuan nya dok dan terima kasih sebelum nya
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
riocaesar @ 2 years ago
Halo arfan

Keluhan-keluhan yang Anda sampaikan disini memang lebih mengarah ke suatu pertanda infeksi oleh jamur, namun bukan berarti penyakit-penyakit lain dapat disingkirkan. Tetap, salah satunya yang bisa berpotensi menimbulkan gangguan seperti apa yang Anda keluhkan salah satunya adalah dermatitis kontak alergi atau bahkan dermatitis kontak iritan, yang bisa saja muncul akibat reaksi alergi terhadap sepatu karet atau bahkan mungkin substansi tertentu misalnya detergent dan sebagainya. Untuk itu memang kami sangat merekomendasikan Anda melakukan pengobatan ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar jelas lebih optimal.
medicalera.com
saputraandre @ 2 years ago
Hallo arfan, mohon maaf sebelumnya, saya tidak bisa memastikan bahwa apa yang dialami arfan adalah tinea pedis akibat jamur ataupun menganjurkan arfan saat ini untuk menkonsumsi obat jamur oral.
karena masih ada kemungkinan penyebab lain.

yang penting arfan lakukan saat ini adalah mendapat informasi yang pasti mengenai diagnosa dan pilihan terapi yang paling sesuai dengan keadaan yang di alami, tentu saja idealnya dengan menemui dokter.
medicalera.com
arfan @ 2 years ago
Apa nama obat tablet anti jamur yang di maksud dok?apakah bisa di beli di apotek?karna mungkin saya belum bisa ke dokter dalam waktu dekat ini
kaki saya memang mudah berkeringat,apakah menggunakan bedak seperti caladin sebelum beraktifitas bisa mengurangi resiko terkena jamur lagi?
sebelum nya saya ucapkan terima kasih atas saran Dr.Andre
medicalera.com
arfan @ 2 years ago
kenapa dok??
medicalera.com
saputraandre @ 2 years ago
hallo arfan, saya coba jawab

1. Apakah benar saya terkena jamur atau "kutu air"?
dari gejala dan perjalanan penyakitnya mungkin saja penyakit kulit yang terjadi adalah akibat infeksi jamur atau kita kenal sebagai tinea pedis atau disebut juga penyakit kaki atlet (atheleteâs foot) karena sering terjadi akibat resiko kaki yang terlalu lembab. biasanya di sela jari, gatal, terbakar dan pecah-pecah dan jika dibiarkan dapat mengelupas dan perih. jamur pada kulit kaki biasanya. selain jamur ada beberapa kemungkinan lain sebenarnya, untuk memastikannya arfan sangat dianjurkan mengunjungi dokter sehingga dapat diperiksa dan dinilai secara langsung.

2. Apakah pengobatan saya sudah benar?
terapi utama pada tinea pedis adalah obat anti jamur, namun yang sangat perlu diperhatikan adalah jamur tidak hanya satu jenis, pilihan obatnya pun berbeda, pada keadaan berat selain obat oles (topikal) mungkin membutuhkan obat antijamur berupa tablet. sehingga agar permasalahannya tuntas, pilihan obat serta aturan pakai dari dokter sangat bermanfaat. untuk penggunaan air panas boleh boleh saja.

3. Apa pencegahan nya agar tidak mengalami nya lagi?
Jika memang betul akibat jamur, setelah sembuh, pencegahan agar tidak berulang, yang paling utama adalah menjaga agar kaki tidak terlalu lembab dalam waktu lama, menjadi personal hygiene, serta menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.