Login FB
Tentang Penulis

Rambut Rontok di usia muda

Tanya Jawab Oleh Rahmadi | General Health | 2 years ago
Dok, saya seorang remaja pria berumur 18 tahun, BB 87kg, dan TB 173cm..

Masalah terbesar saya adalah pada rambut rontok yang sekarang sudah mulai terlihat botak. kejadian ini berawal sekitar 1 tahunn. Awalnya hanya terjadi pada bagian yang terdekat dengan pusat tumbuhnya rambut (itu lho Dok yang keliatan tumbuh rambut melingkar, kalau orang jawa bilang sih "unyeng-unyeng"). Nah, tanpa saya sadari hal tesebut lama-lama merambah ke bagian depan dan atas, hanya beebentuk garis-garis gitu. Dan yang paling mencengangkan adalah sekitar 2 minggu yang lalu saya potong rambut Dok, saya sangat kaget ternyata rambut saya di bagian tersebut sudah sangat jarang. jujur saya sangat takut Dok, padahal usia saya masih sangat muda. kalau diliat dari riwayat keluarga, sepertinya saya tidak ada keturunan rambut botak

Banyak hal-hal yang stelah saya baca-baca artikel di internet, saya mulai berpikir "apa gara-gara ini ya?"

1. Sering keramas dan salah shampoo.. memang sudah sekitar 1 tahun yang lalu saya setiap mandi pasti keramas (2x setiap hari). Saya menggunakan produk anti ketombe, padahal rambut saya tidak berketombe. saya melakukan hal ini karena terkadang merasa gatal-gatal, jadi takut kalu gejala ketombe

2. Terlalu sering Masturbasi.. sebanarnya saya gak terlalu sering onani Dok, palingan di akhir pekan saja, dan hanya dalam sehari, tapi terkadang memang dalam sehari tersebut saya bisa melakukannya selama 4-5 kali langsung. Nah, saya sangat takut Dok kalau memang hal ini penyebabnya, karena jujur saja, saya malu kalau memang kerontokan yang ada pada diri saya ini gara-gara onani. Karena katanya onani dapat mengkonversi hormon testosteron menjadi hormon DHT yang mengakibatkan rambut rontok.. Tapi anehnya, saya punya beberapa temen, katanya sih dia hampir setiap hari onani, tapi kok rambutnya gg ada masalah Dok?? Gimana ya? saya jadi bingung, saya mohon sangat penjelasannya, terimakasih..

Nah tambahan Dok, apakah benar dengan lidah buaya atau minyak kemiri bisa mempercepat pertumbuhan rambut? karena yang jelas adalah fokus saya bukan hanya utk mengatasi kerontokan, tapi juga menumbuhkan rambut.

Jujur, karena hal ini, yang awalnya saya adalah orang yang easy going, tiba2 jadi sering murung dan terlihat stress (galau kebingungan). padahal katanya agar tidak mudah rontok, kita hrus menghindari stress.. tpai justru stress muncul gara2 masalah ini

terima kasih banyak Dok.. mohon informasi dan sarannya !
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
saputraandre @ 2 years ago
Saya kurang dapat menjelaskan cara terbaik penggunaan aloevera dan kemiri. Tetap idealnya di konsultasikan dengan dokter, pilihan obat2an yg tepat, apakah berupa tonik, masker rambut, dan perlukah ditambahakan penggunaan aloevera dan kemiri.

Sementara itu, saya menyarankan agar rahmadi juga memperhatikan asupan nutrisi bergizi yang cukup dan seimbang, kaya protein, tinggi zat besi, vitamin A, B, C, dll (misalnya, ikan daging telur sayuran hijau kacang2an buah2an). Serta menghindari sumber stress oksidatif seperti alkohol rokok dan memperbanyak air putih.

tidak perlu terlalu mengkhawatirkan DHT dan testosteron, karena cuma salah satu dari banyak faktor lain pada kebotakan, kalaupun saya jelaskan alur metabolismenya akan sangat panjang dan sulit. Keduanya adalah hormon alami pada pria.
medicalera.com
Rahmadi @ 2 years ago
Terimakasih sekali Dok atas jawabannya

mau menanggapi:
iya Dok, polanya tidak seperti itu. tp maksud garis disini adalah belahan seperti belahan sisir Dok, dan itu terlihat merambah ke arah atas tengah dan sedikit ke depan.

Memang sepengetahuan saya tidak sampai rontok sebanyak 100 helai, tp ini masih perkiraan sih Dok. ketika bagung tidur, saya hitung jumlah rambut yang rontok sekitar 25-30 helai, itu belum aktivitas sehari2, atau ketika wudhu saat membasuh rambut, saya pasti melihat tangan saya, ternyata kadang ada 1 atau 2 yang rontok, tapi terkadang juga tidak ada sama sekali.

Nah, saya mau bertanya lagi Dok:

1. Semisal saya tetap mengkonsumsi penggunaan aloevera atau minyak kemiri selama 2/3 kali sehari utk penumbuhan rambut, dan juga mengkonsumsi shampoo anti rontok selama 2/3 hari pula dengan penggunaan yang berbeda (misal, hari ke-1 pake kemiri, terus besok shampoo, 2 hari kemudian kemiri lagi, trus besoknya shampoo lagi, dst).. kayak gitu gimana? boleh atau malah jangan dilakukan? soalnya saya pengen mempercepat pertumbuhan rambut tapi juga mengurangi kerontokan rambut yang sudah ada.

2. Kalau aloevera dan kemiri digunakan bergantian gimna? maksudnya tu tidak konsisten terus menggunakan kemiri saja, tapi juga terkadang pakai aloevera gitu. bagus gak Dok?

3. Kira-kira aktivitas seperti apa ya Dok yang dapat menimbulkan hormon DHT itu? dan bagaimana cara mengurangi hormon DHT yang sudah terlanjul muncul ini?

Nah, gitulah Dok, saya juga mohon doanya ya, mudah2an rontoknya rambut saya ini bisa teratasi dengan baik, dan kembali seperti semula. oh iya, dengan adanya hal ini, saya menjadi sadar mungkin ini adalah hidayah dari Tuhan YME, agar saya tidak sering lagi onani, dan ini juga bulan puasa, saya bener2 STOP masturbasi.. dan mudah2an ini berlanjut ke depannya atau setidaknya berkurang frekuensinya.. Doanya ya Dok !! makasih.. mohon jawabannya !
medicalera.com
saputraandre @ 2 years ago
halo rahmadi,

Rambut akan rontok tiap harinya, bisa 20-60 helai, dan dianggap normal jika <100 helai perhari.

tanpa saya sadari hal tesebut lama-lama merambah ke bagian depan dan atas, hanya beebentuk garis-garis gitu

apakah polanya seperti ini?
medicalera.com
sepertinya bukan ya :)

2 hal yang rahmadi sebutkan tadi sebenarnya hal biasa saja, memang menurut teori selain genetik, penyakit autoimun, dll, ada juga pengaruh hormonal terhadap kobotakan atau dikenal sebagai alopecia. namun bukan onani yang mengkonversi testosteron menjadi DHT :)
meskipun demikian pada usia muda, setelah rontok, rambut akan tumbuh kembali. penggunaan alovera dan kemiri memang pernah dibuktikan mampu meningkatkan fungsi pertumbuhan folikel rambut.

Saya ikut prihatin dengan menipisnya rambut rahmadi, padahal usia masih sangat muda. tapi jangan terlalu panik dan stress, karena bisa memperburuk keadaan.
yang penting dilakukan saat ini adalah, mengunjungi dokter kulit, agar dapat dinilai keadaan kebotakannya dan dicari tau penyebab yg mendasari, sehingga pengobatannya pun tepat.

*oiya, onani 4-5 kali langsung dalam sehari, agaknya kurang bagus juga sih ya :)