Login FB
Tentang Penulis

Olahraga Sederhana Menyenangkan dan Menyehatkan

Info Oleh saputraandre | Gaya Hidup Sehat | 2 years ago


Pada saat sering sakit atau tidak enak badan, hampir selalu kita akan mendengar anjuran dari dokter, keluarga atau kerabat untuk beristirahat dan memperbanyak olahraga. Tepat, karena salah satu manfaat olahraga adalah membuat tubuh menjadi bugar dan meningkatkan sistem pertahan tubuh. Namun hampir selalu juga anjuran ini tidak dilaksanakan, karena ternyata sulit untuk memulai berolah raga. Sulit karena pemahaman mengenai olahraga di masyarakat kita masih rendah, tidak sempat, tidak punya waktu, malas, olahraga mebutuhkan biaya atau merasa badannya sudah sehat.



Jika ditanya apa itu olahraga, yang segera keluar dari benak masyarakat kita adalah olahraga seperti yang ada pada olimpiade di televisi, sepak bola, bulu tangkis, berenang, basket, golf, dll. Betul, tapi tidak banyak yang paham bahwa ternyata banyak aktivitas lain yang juga bisa dianggap olahraga. Ini juga yang menyebabkansulit sekali mempromosikan pentingnya berolahraga.


Memang tidak ada kriteria spesifik apa yang disebut olahraga ringan, olahraga sedang, atau olahraga berat. Olahraga yang ideal adalah olahraga yang dapat meningkatkan ketahanan jantung-pernafasan, di samping juga melatih ketahanan dan kekuatan otot. Olahraga memerlukan suatu ukuran tertentu agar dapat memberikan kebugaran jasmani. jenis olahraga yang dilakukan, intensitas, frekuensi, dan lamanya berolahraga.
Berikut beberapa aktivitas berolahraga sederhana yang dapat dilakukan dengan Murah Mudah Menyenangkan Menyehatkan.

medicalera.com

1. Berjalan kaki
Menyempatkan berjalan kaki atau lebih memilih berjalan kaki disbanding naik kendaran merupakan upaya olahraga, apalagi hal ini dapat dilakukan secara rutin dan tidak menyita waktu.

2. Jogging / lari
Lari adalah salah satu bentuk latihan aerobik yang dapat membuat sehat funsgi cardio dan respirasi. Pada saat berlari banyak sekali otot-otot tubuh yang bekerja sehingga sangat baik untuk masa otot dan pembakaran kalori.

3. Push Up / Sit Up
olahraga ini memperkuat lengan, oto perut dan stamina. olahraga ini bisa dilakukan di mana saja, di rumah, di kamar, ini sangat praktis dan bermanfaat sekali dalam membakar kalori dan membentuk tubuh bugar. Namun perlu diperhatikan teknik yang tepat agar terhidar dari cidera.

4. Senam
Melakukan gerakan senam dengan iringan music dan dilakukan bersama dalam grup terbukti sangat efektif dan menyenangkan. Dapat dilakukan pada seluruh tingkatan usia dari anak sekolah hingga lansia.

5. Bersepeda
Selain sebagai hobi, bersepeda juga dapat dijadikan olahraga yang murah dan menyenangkan, meskipun membutuhkan biaya untuk sekali membeli sepeda. Kegiatan bersepeda juga semakin menjadi trend dan lifestyle.

medicalera.com

Sesuaikan olahraga dengan kondisi dan settingan secara personal. Jadikan kegiatan berolahraga bukan hanya untuk kesehatan jasmani, tapi juga umtuk kesehatan jiwa, kesenangan dan sarana bersosialisasi. Konsultasi ke dokter jika memang merasa diperlukan program olahraga yang itensif.

Silahkan bagi sahabat medicalera jika ada cara berolahraga lain yang digemari :)
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
yudahananta @ 2 years ago
Dear andre,

Artikelnya bagus. Menambahkan sedikit ya. Kalau dalam terminologi Inggris memang agak berbeda pengertian antara Sport dan Exercise...Sport lebih diartikan olahraga yang punya sifat kompetisi, yang dipertandingkan atau dilombakan, sementara exercise itu ya lebih seperti latihan fisik. Olahraga atau latihan fisik adalah segala aktivitas tubuh yang meningkatkan atau mempertahankan kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan dan kesehatan.
Olahraga dilakukan karena berbagai alasan dan tujuan, termasuk penguatan otot dan penguatan sistem kardiovaskular, mengasah keterampilan atau fleksibilitas, penurunan berat badan atau pemeliharaan, serta untuk tujuan kesenangan/rekreasi.
Latihan fisik rutin dan teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan obesitas.
Dan setuju, bahwa olahraga ini juga meningkatkan kesehatan mental, membantu mencegah depresi, membantu untuk meningkatkan atau mempertahankan penghargaan terhadap diri, dan bahkan dapat meningkatkan daya tarik seks individu atau citra tubuh, yang juga meningkatkan kepercayaan diri.
Ada konsep yang disebut CRIPE saat kita mengatur tujuan olahraga: continous-rhythmic-interval-progressive-endurance. Sehingga dicapai tujuan olahraga yang sebaik-baiknya.

Salam sepeda!!!

YH