Login FB
Tentang Penulis

PERAN BAKTERI ASAM LAKTAT BAGI KESEHATAN #2

Info Oleh microza | General Health | 1 year ago
medicalera.com

Definisi probiotik adalah bakteri hidup, baik kultur tunggal maupun campuran, yang memiliki pengaruh menguntungkan bagi kesehatan manusia. Beberapa jenis bakteri asam laktat yang termasuk kelompok probiotik adalah Lactobacillus, Leuconostoc, Pediococcus dan Streptococcus. Salah satu karakter penting yang harus dimiliki bakteri probiotik adalah non invasif atau tidak merusak integritas mukosa usus, serta memiliki kemampuan untuk tetap hidup dalam pH rendah.

Di alam bakteri asam laktat hidup luas di berbagai habitat, seperti pada tanaman, saluran pencernaan hewan maupun manusia, juga di berbagai produk makanan fermentasi. Sifat paling penting dari bakteri asam laktat adalah kemampuannya dalam menghasilkan beragam metabolit sekunder yang berpotensi sebagai antibakteri, seperti bakteriosin dan asam laktat. Oleh karena kemampuannya tersebut pertumbuhan mikroba patogen dalam saluran pencernaan dapat dihambat.

Dalam saluran cerna beberapa jenis bakteri asam laktat hidup dan tumbuh mendominasi di lambung dan usus. Jenis bakteri asam laktat tersebut antara lain Lactococcus, Lactobacillus, Leuconostoc, dan Bifidobacterium. Kemampuannya untuk tumbuh mendominasi disebabkan karena beberapa hal, di antaranya mampu menempel di permukaan mukosa usus, dapat bersaing dengan mikroflora lain, menghasilkan berbagai senyawa antibakteri, serta tahan terhadap asam dan cairan empedu.

Dengan berkembangbiaknya bakteri asam laktat dalam saluran pencernaan akan memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh. Antara lain, menghambat bakteri patogen, meningkatkan penyerapan zat-zat gizi, meningkatkan sistem imun, membantu degradasi komponen makromolekul, dan menjaga keseimbangan mikroflora saluran perncernaan. Oleh karena itu, beberapa jenis penyakit dan masalah kesehatan dapat dikurangi karena peran bakteri asam laktat. Seperti, intoleransi laktosa, infeksi enterik, diare, diare akibat obat antibiotik, konstipasi, dan kanker usus.

Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.