Login FB
Tentang Penulis

Perempuan Hamil Rajin Rawat Gigi dan Gusi Kurangi Risiko Melahirkan Prematur

Info Oleh edmory1 | General Health | 1 year ago
MEDICALERA.COM, Jakarta -Perempuan hamil yang rajin menjaga kebersihan, seperti teratur menyikat gigi dan gusi dapat mengurangi risiko melahirkan prematur.

Mengutip dailymail, meskipun hubungan antara penyakit gusi dan kelahiran prematur tak jelas, karena penelitian sebelumnya menunjukkan meningkatkan kesehatan mulut tak mengurangi risiko.

Namun, dokter sebelumnya menetapkan infeksi gusi parah menyebabkan peningkatan produksi prostaglandin dan faktor nekrosis tumor, bahan kimia yang menginduksi persalinan.

Kelahiran prematur didefinisikan bayi lahir sebelum 37 minggu kehamilan dan secara historis dikaitkan dengan tingkat kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Di Inggris saja, 54.000 bayi tercatat lahir prematur setiap tahun.

Penelitian baru yang dipublikasikan dalam <I>Journal of Periodontology</i> menemukan, ada penurunan 34 persen dalam risiko kelahiran prematur bagi ibu hamil yang menderita penyakit gusi saat mmenjalani perawatan sederhana dokter gigi atau ahli kesehatan.

Peneliti dari Harvard School of Dental Medicine menemukan, perempuan denga penyakit gusi berisiko tinggi mengalami kelahiran prematur.

Dr Nigel Carter, Chief Executive of the British Dental Health Foundation mengatakan penelitian menegaskan perluny ibu hami menjaga kesehatan mulutnya selama kehamilan.

"Tulisan ini menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan kesehatan mulut selama kehamilan sangat penting. Meskipun masuk akal untuk mengharapkan semua orang untuk memiliki kesehatan mulut sempurna, semua perempuan hamil tak boleh mengabaikan mulutnya, terutama saat da kemungkinan memiliki dampak bagi bayi yang belum lahir," terangnya.

Ia menambahkan pentingnya pertemuan rutin dengan dokter gigi dan kebersihan gigi tak dapat diremehkan. "Dokter gigi atau ahli kesehatan mungkin dapat memberikan nasihat tentang cara merawat gigi di rumah saat menderita morning sickness, belum lagi pembersihan menyeluruh dan saran tentang cara untuk menjaga gigi dan gusi di rumah."

"Bahkan orang-orang dengan kesehatan mulut yang baik akan mengalami perubahan selama kehamilan. Beberapa wanita akan menemukan gusi lebih mudah berdarah, masalah semakin para saat sudah menderita penyakit gusi," imbuhnya. [aba]
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.