Login FB
Tentang Penulis

Frekuensi Suntik Vit.C yang aman

Tanya Jawab Oleh dwiwulansari | General Health | 2 years ago
Hi smua, saya ingin menanyakan mengenai berapa kali dalam seminggu frekuensi yang aman untuk melakukan suntik vit.c ? Karena seperti kita ketahui jika suntik vit.C terlalu berlebih akan berbahaya bagi ginjal.
Terima kasih atas bantuannya, xoxo, dws.
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
rymi @ 2 years ago

Buang air kecil (BAK) menandakan normalitas kinerja ginjal yang mampu menyaring (filtrasi) , menyerap kembali (reabsorpsi) dan pembuangan (augmentasi) air, vitamin, dan berbagai zat-zat yang terkandung dalam darah. Dengan demikian, urine yang terbentuk seharusnya hanya berupa ampas air dan sisa metabolik dalam tubuh yang ditampung dalam kandung kemih dan keluar melalui urethra.

Penyerapan vitamin dalam darah yang disaring dan diserap oleh ginjal tergantung pada kadar vitamin C dan kebutuhan tubuh akan vitamin C itu sendiri. Bila berlebih tentu akan di reabsorpsi hingga batas maksimal dan sisa kelebihannya dibuang oleh ginjal bersamaan dengan urine. Penyaringan, penyerapan, dan pembuangan itu sendiri tidak serta merta menghasilkan urine dalam jumlah yang banyak. Sehingga belum tentu benar bila setelah suntik vitamin C per IV kemudian minum air putih hingga BAK menandakan vitamin C-nya sudah terserap oleh tubuh. Bisa jadi produksi urine tersebut merupakan produksi sebelum injeksi vitamin dimasukkan. Mungkin memang sudah ada yang terserap, tapi belum menjamin penyerapannya berjalan sempurna. Karena produksi urine setiap manusia berbeda-beda.

Semoga membantu :)
medicalera.com
dwiwulansari @ 2 years ago
apakah benar jika setelah suntik vit.c (iv) lalu minum air putih sampai nnti b.a.k itu pertanda jika vit.c yang disuntikkan sudah diserap oleh tubuh?
medicalera.com
rymi @ 2 years ago

Halo Dwiwulansari,
Terima kasih telah menggunakan layanan tanya jawab di medicalera.

Penggunaan vitamin C injeksi biasanya didasari oleh keinginan untuk membuat kulit tubuh tampak lebih cerah. Hal tersebut dikarenakan fungsi vitamin C yang berguna sebagai antioksidan yang membantu tubuh menangkal radikal bebas yang berefek pada kulit seperti kulit kusam, timbul flek, ataupun kerutan2.

Berapa banyak dosis yang aman untuk disuntikkan? Vitamin C merupakan vitamin yang larut air, sehingga disuntik sebanyak apapun, vitamin C yang berlebih akan dikeluarkan oleh tubuh melalui ginjal, jadi relatif tidak berefek bila dilakukan suntik vitamin c 1-2 kali dalam seinggu. Namun perlu diperhatikan dosisnya. Tubuh orang dewasa memerlukan vitamin C 75-100mg per hari. Tergantung usia, tinggi badan, dan berat badannya. Bila ingin menggunakan vitamin C injeksi, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang kompeten untuk memastikan keamanan penggunaannya.

Semoga membantu :)