Login FB
Tentang Penulis

Lima Imunisasi Dasar Lengkap, Imunisasi Wajib Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun

Info Oleh rymi | General Health | 1 year ago
Setelah memahami pentingnya pemberian imunisasi bagi balita anda, kini saatnya anda mengenal lima imunisasi dasar lengkap. Lima imunisasi dasar ini diberikan pada bayi dibawah umur 1 tahun dengan masing-masing dosis dan jadwal yang bervariasi. Sudahkah bayi anda menerima lima imunisasi dasar ini?

Sesuai dengan program organisasi kesehatan dunia (WHO), pemerintah telah mewajibkan pemberian lima imunisasi dasar bagi bayi. Tujuannya agar bayi terhindar dari penyakit dan kematian akibat terpapar virus atau bakteri. Lima imunisasi dasar tersebut terbagi menjadi beberapa imunisasi berikut :

medicalera.com

1. Hepatitis B, merupakan imunisasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit hepatitis B. Imunisasi pertama dapat diberikan 12 jam setelah bayi lahir, atau pada bayi usia 0-7 hari. Dosis kedua pada saat anak berusia 1-2 bulan dan dosis selanjutnya saat berusia 6-18 bulan. Pemberian dosis ulangan juga dapat didasarkan pada jadwal imunisasi yang ada.

2. BCG, merupakan imunisasi untuk mencegah penyakit TBC. Dilakukan sekali pada bayi dengan sebelum usia 3 bulan. Biasanya dilakukan bila bayi berusia 1 bulan. Bila bayi telah berusia lebih dari 3 bulan dan belum mendapat imunisasi BCG maka harus dilakukan uji tuberkulin untuk mengetahui apakah bayi sudah terpapar bakteri TBC. Imunisasi bisa diberikan bila hasil tes tuberkulin negatif.

3. Polio, merupakan imunisasi untuk mencegah penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan atau kecacatan. Imunisasi diberikan sebanyak 4 kali, yaitu saat bayi berusia 1 sampai 4 bulan.

4. DPT-HB, merupakan imunisasi untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, dan Tetanus. Saat ini kebanyakan imunisasi DPT diberikan bersamaan dengan dosis ulangan imunisasi hepatitis B. Sehingga disebut dengan DPT combo. Jadwal pemberian imunisasi DPT combo adalah saat bayi berusia 2, 3, dan 4 bulan. DPT combo juga dikombinasikan dengan pemberian imunisasi polio.

5. Campak, merupakan imunisasi yang bertujuan mencegah penyakit campak. Pemberiannya hanya sekali saja yaitu pada saat anak berusia 9 bulan. Pemberiannya dapat diulang pada saat anak masuk SD atau mengikuti program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) yang dicanangkan pemerintah.

Pemberian imunisasi dasar secara lengkap pada saat bayi diharapkan melindungi bayi â yang imunitas tubuhnya masih rentan- dari penyakit yang dapat menyebabkan kesakitan, kecacatan, ataupun kematian.

Selain lima imunisasi dasar tersebut orangtua juga dapat memberikan imunisasi tambahan seperti imunisasi MMR, hepatitis A, influenza, cacar air, dan lain-lain. Namun untuk imunisasi tambahan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena pemerintah belum mampu menyubsidi penyediaannya. Sedangkan untuk program lima imunisasi dasar lengkap bisa didapatkan secara murah ataupun gratis di puskesmas dan posyandu terdekat. Jadi jangan segan untuk mengimunisasi bayi anda, ya.
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.