Login FB
Tentang Penulis

NGOMPOL ITU ADALAH

Info Oleh dwiwulansari | General Health | 2 years ago
Hai semua..(=^,^=)

Jika anda memiliki balita dengan usia dibawah 5 tahun, pasti sering sering mengalami kejadian dimana balita anda mengompol. Yup, mengompol memang biasa terjadi pada balita usia dibawah 5 tahun dikarenakan mereka belum mengerti cara untuk mengontrol keinginan buang air kecilnya, selain itu pada usia itu mereka juga belum mengenal konsel toilet training.

Mengompol atau nocturnal enuresis dibedakan menjadi 2 yaitu: primary nocturnal enuresis dan secondary nocturnal enuresis. Dikatakan primary nocturnal enuresis jika mengompol terjadi pada malam hari pada balita usia 5 tahun atau lebih. Sedangkan secondary nocturnal enuresis yaitu jika mengompol terjadi secara tiba-tiba dan berkali-kali, minimal selama 6 bulan.

Baik primary maupun secondary nocturnal enuresis disebabkan karena kerja kandung kemih yang terlalu aktif, gangguan penyakit syaraf, diabetes, serta infeksi lain. Untuk secondary nocturnal dieresis bisa juga disebabkan karena gangguan emosional, spt. adaptasi dilingkungan baru, tertekan akan situasi tertentu, dsb.

Pada umumnya, sebagian besar anak-anak akan berhenti mengompol dengan sendirinya tanpa bantuan tindakan medis. Tetapi jika anda khawatir apabila sampai dewasa anak anda belum berhenti mengompol segera konsultasikan dengan dokter spesialis enuresis untuk tindakan lebih lanjut.

Untuk menangani masalah mengompol, anda bisa mulai mengajarkan toilet training sedini mungkin pada balita anda, apalagi jika dirasa balita sudah saatnya untuk mengurangi frekuensi pemakaian pampers atau bahkan berhenti sama sekali dalam penggunaan pampers.

Berikut ini tips agar balita tidak ngompol terutama diwaktu malam:

1. Batasi minum menjelang jam tidur untuk mengurangi frekuensi anak buang air kecil.

2. Biasakan untuk meminta balita anda untuk buang air kecil di toilet sebelum tidur meskipun dia tidak selalu ingin buang air kecil. Nantinya hal tsb akan menjadi kebiasaan bagi dirinya untuk buang air kecil sebelum tidur sehingga dia tidak lagi mengompol.

3. Jangan bangunkan anak dimalam hari untuk sekedar ke toilet karena hal ini malah tidak memberi kesempatan balita untuk mengontrol buang air kecil atas keinginannya sendiri.

4. Jangan marah jika sesekali anak masih ngompol, karena menghilangkan kebiasaan itu merupakan proses yang membutuhkan waktu dan juga kesabaran.

Demikian info dari saya, semoga bermanfaat. Xoxo, dws.
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.