Login FB
Tentang Penulis

Berbagai penyebab kesemutan pada tangan dan kaki yang sering dijumpai

Info Oleh shigenoiharuki | General Health | 2 years ago
medicalera.com
Gangguan yang timbul dalam konduksi saraf perifer disebut neuropati perifer. Tergantung pada penyebabnya, kerusakan mungkin untuk akson atau selubung myelin. Neuron yang terlibat mungkin aferen (sensorik), eferen (motorik), atau keduanya.

Ukuran akson yang terkena merupakan hal penting. Beberapa kasus neuropati sensorik hanya melibatkan akson kecil, yang merupakan serat C unmyelinated dan serat A-delta. Jika rusak, gejala yang timbul terkait dengan sensor nyeri di kulit dan neuron otonom. Di sisi lain, kerusakan serat sensorik yang besar, yang merupakan serat A-alpha dan A-beta, menyebabkan defisit di proprioseptif, sensasi getaran, dan mengurangi refleks regang otot.

Contoh neuropati aksonal dapat ditemui pada pasien dengan neuropati sensorik yang menyakitkan akibat diabetes mellitus, yang merupakan penyebab utama neuropati perifer. Awalnya, pasien mungkin mengeluh terbakar atau sensasi kesemutan di kakinya. Sensasi abnormal jenis ini disebut parestesia. Mungkin ada hiperalgesia, di mana rangsangan ringan menyebabkan rasa sakit, dan allodynia, di mana rangsangan biasanya tidak menyakitkan, seperti sentuhan, menyebabkan rasa sakit. Gejala-gejala ini cenderung memiliki distribusi "sarung tangan dan kaus kaki", karena akson terpanjang cenderung terpengaruh lebih awal. Kerusakan pada diabetes mellitus lebih banyak pada akson daripada myelin, di mana ujung saraf unmyelinated di epidermis terpengaruh terlebih dahulu.

Memang, gejala-gejala tersebut di atas dapat menjadi indikasi awal diabetes. Degenerasi tampaknya dihubungkan dengan gangguan toleransi glukosa, yang tampaknya menghambat regenerasi ujung saraf. Kemudian, akson yang lebih besar dapat terlibat juga. Dengan hilangnya sensasi nyeri, dapat mudah bagi pasien untuk mengalami kerusakan serius pada tangan atau kaki.

Alkoholisme juga merupakan penyebab utama neuropati terkait dengan kerusakan aksonal. Berbagai patogen, seperti basil kusta, juga dapat mempengaruhi konduksi aksonal. Kekurangan vitamin B12 adalah kemungkinan lain. Tetapi seringkali tidak ada penyebab yang pasti untuk neuropati sensorik, terutama dengan jenis akson kecil.

Sindrom Guillain-Barre adalah contoh lain dari neuropati perifer dan merupakan salah satu penyebab utama kelumpuhan neuromuskuler yang parah. Patogenesis tidak diketahui, tetapi gejala biasanya mulai berkembang beberapa hari sampai beberapa minggu setelah infeksi. Baik defisit motorik dan sensorik ditemukan akibat peradangan dan demielinasi saraf perifer. Akumulasi limfosit dan monosit ditemukan di sekitar saraf. Kelemahan dan parestesia seringkali dimulai di kaki dan naik ke lengan. Gangguan tersebut dapat mengancam jiwa akibat kegagalan pernapasan atau gangguan otonom. Namun kebanyakan pasien mulai pulih dalam beberapa minggu dan dapat kembali bekerja dalam beberapa bulan. Insidennya meningkat dengan usia.

Penyakit Charcot-Marie-Tooth adalah satu kelompok gangguan genetik konduksi saraf. Sebagian besar jenis yang demielinasi. Baik defisit motorik dan sensorik terjadi, paling sering muncul selama masa remaja. Gangguan ini didiagnosis dengan studi konduksi saraf dan biopsi saraf. Ada juga pemeriksaan genetik tertentu. Pasien cenderung memiliki lengkungan telapak kaki yang tinggi.

Carpal tunnel syndrome muncul ketika penggunaan berlebihan menyebabkan peradangan pada daerah di mana saraf medianus dan tendon melewati tulang karpal. Pada awalnya, kerusakan pada saraf medianus terutama berupa demielinasi, tetapi akhirnya bisa menjadi aksonal.

Bell palsy biasanya terjadi karena inflamasi dan pembengkakan pada saraf wajah di titik di mana saraf melewati foramen sempit di tulang temporal. Otot-otot wajah pada sisi yang terkena dampak lumpuh, sementara di sisi berlawanan normal. Kelopak mata biasanya melemah sehingga mata tidak bisa ditutup. Onset cukup khas yaitu tiba-tiba dan biasanya akan hilang setelah satu bulan atau lebih.
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.