Login FB
Tentang Penulis

Sejarah Penyebaran Virus Influenza

Info Oleh microza | General Health | 2 years ago
medicalera.com

Sejak dideskripsikan oleh Hipocrates, virus Influenza mulai dikenal banyak menimbulkan morbiditas dan mortalitas di seluruh belahan dunia. Generasi pertama dari virus Influenza adalah varian H1N1 (1918-1919), yang pada saat itu hanya menyebabkan gangguan ringan saja di saluran napas. Wabah penularan terjadi melalui manusia ke manusia, belum melibatkan unggas, dan korban jiwa juga tidak banyak. Kejadian pertama terjadi di Spanyol, sehingga dinamakan dengan flu Spanyol. Di tahun 1957, pandemik kedua muncul di Cina dan menyebar dengan cepat ke wilayah Hongkong dan Singapura. Akibatnya, lebih dari 1 juta manusia meninggal dunia dan kepanikan mulai terjadi pada saat itu.

Analisa genetik dan biokimia yang dilakukan, menyebutkan bahwa virus flu tersebut adalah varian Influenza Asian (H2N2). Virus ini merupakan gabungan genetik antara virus Influenza asal burung dengan virus Influenza asal manusia. Beberapa dekade kemudian, kembali bermutasi menjadi varian baru yaitu H3N2. Di tahun 1977 varian influenza H1N1 kembali mewabah di Rusia dan Cina. Uniknya, wabah hanya menyerang penderita yang berumur di bawah 25 tahun saja. Dugaan menyimpulkan bahwa mereka yang terinfeksi belum mendapatkan kekebalan terhadap virus influenza.

Di tahun 1997 wabah terjadu di Hongkong akibat penyebaran infeksi varian H5N1, infeksi ini sangat mengejutkan karena sebelumnya H5N1 hanya menginfeksi hewan unggas saja. Walaupun korban jiwa sedikit, namun sangat lama menemukan pengobatan yang tepat sehingga penderita dipastikan mati dalam waktu cepat. Penanganannya hanyalah dengan memusnahkan seluruh unggas yang masih hidup untuk memutuskan rantai penyebaran virus.

Di awal tahun 2003, wabah kembali muncul menyerang peternakan unggas di di Vietnam, Indonesia, dan Thailand. Identifikasi yang dilakukan melaporkan adalah disebabkan oleh virus H5N1, yang sebenarnya terdiri dari dua clade, yaitu H5N1 asal dataran indocina dan asal Indonesia, Jepang, dan Korea Selatan.

Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.