Login FB
Tentang Penulis

Pentingnya Pengaturan Makanan Bagi Pasien Rawat Inap #1

Info Oleh microza | General Health | 1 year ago
medicalera.com

Dalam upaya memperoleh kesembuhan dari suatu penyakit memang diperlukan suatu pengobatan yang tepat. Namun disamping itu, makanan merupakan salah satu faktor penunjang penting untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. Dengan mengkonsumsi makanan, berarti pasien juga mengkonsumsi zat gizi yang terkandung di dalamnya, yang diharapkan dapat membantu proses penyembuhan. Oleh karena itu, salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit adalah pengadaan makanan bagi pasien rawat inap.

Rumah sakit memiliki pedoman diet tersendiri dan memberikan rekomendasi lebih spesifik mengenai cara makan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan atau mempertahankan status gizi pasien, daya tahan tubuh dalam menghadapai penyakit, khususnya infeksi dan membantu kesembuhan pasien dari penyakit dengan memperbaiki jaringan yang rusak serta memulihkan keadaan homeostatis. Tidak hanya perbedaan pada macam makanan yang disajikan, tetapi juga cara makanan tersebut dihidangkan, waktu makan, tempat makan, sehingga mempengaruhi selera makan pasien sendiri.

Hal yang tidak direkomendasikan adalah tetap mengkonsumsi makanan dari luar rumah sakit, yang mana dapat saja berdampak pada kebutuhan gizi pasien yang tidak terpenuhi dan terhambatnya proses penyembuhan. Kebutuhan zat gizi adalah sejumlah zat gizi minimal yang harus dipenuhi dari konsumsi makanan. Kebutuhan tubuh akan zat gizi ditentukan oleh banyak faktor. Faktor tersebut antara lain tingkat metabolisme basal, tingkat pertumbuhan, aktivitas fisik, dan faktor yang bersifat relatif seperti gangguan pencernaan, perbedaan daya serap, tingkat penggunaan, serta perbedaan pengeluaran dan penghancuran zat gizi dalam tubuh.

Di rumah sakit, kebutuhan makanan dan gizi pasien berada dalam tanggung jawab Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS). Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS) merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan peripurna rumah sakit dengan beberapa kegiatan, antara lain pelayanan gizi rawat inap dan rawat jalan. Pelayanan gizi rawat inap dan rawat jalan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi pasien melalui makanan sesuai penyakit yang diderita. Juga berdasarkan keadaan klinis, status gizi dan status metabolisme tubuh pasien.
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.