Login FB
Tentang Penulis

Berdoa Kepada Tuhan Sembuhkan Depresi

Info Oleh edmory1 | General Health | 12 months ago
MEDICALERA.COM, Jakarta - Kepercayaan kepada Tuhan dapat meningkatkan pengobatan bagi penderita depresi. Berdoa kepada Tuhan secara signifikan meningkatkan pengobatan dan penyembuhan untuk orang penderita penyakit jiwa.

Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan Rumah Sakit McLean di Belmont, Massachusetts. Demikian mengutip dailymail.

Peneliti mengikuti 159 pasien selama setahun di Rumah Sakit McLean terkait prilaku kejiwaan untuk menyelidiki hubungan antara tingkat pasien yang memiliki kepercayaan kepada Tuhan, harapan pengobatan dan hasil pengobatan sebenarnya.

Setiap peserta terukur kepercayaannya kepada Tuhan serta harapan untuk hasil pengobatan pada skala lima poin. Tingkat depresi, kesejahteraan dan menyakiti diri dinilai pada awal dan akhir program pengobatannya.

Peneliti menemukan pasien tanpa atau hanya sedikit kepercayaan kepada Tuhan dua kali lebih mungkin untuk tidak menanggapi pengobatan dibandingkan pasien dengan kadar keyakinan tinggi. Dan lebih dari 30% pasien mengaku tidak ada afiliasi keagamaan tertentu masih melihat manfaat sama dalam pengobatan saat keyakinannya terhadap Tuhan dinilai sedang atau sangat tinggi.

Peneliti menyimpulkan kepercayaan pada Tuhan terkait hasil pengobatan yang lebih baik dalam perawatan kejiwaan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders mengatakan, "Pekerjaan kami menunjukkan orang dengan kepercayaan tingkat sedang hingga tinggi pada kekuatan lebih tinggi signifikan lebih baik dalam melakukan perawatan psikiatris jangka pendek daripada yang tidak, terlepas dari afiliasi agamanya."

"Keyakinan terkait dengan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan psikologis, tetapi penurunan depresi dan niat untuk menyakiti diri," jelas David Rosmarin dari Harvard Medical.

"Saya berharap pekerjaan ini akan menyebabkan penelitian lebih besar dan peningkatan dana untuk membantu orang sebanyak mungkin," terangnya.

Studi sebelumnya menyoroti kekuatan doa terhadap kesehatan seseorang. Gangguan Jiwa dapat sangat mengisolasi penderitanya, tetapi percaya pada Tuhan dapat membantu.

Penelitian di San Francisco General Hospital memonitor efek doa terhadap 393 pasien jantung. Pasien ditanya apakah ingin mengambil bagian dalam ujicoba, namun tak diberitahu apakah mereka akan menjadi subyek dari doa. Setengah didoakan oleh sekelompok orang asing yang hanya memiliki nama pasien.

Mereka yang berdoa memiliki lebih sedikit komplikasi, lebih sedikit kasus pneumonia dan membutuhkan kurang membutuhkan terapi obat. Mereka juga membaik lebih cepat dan mampu meninggalkan rumah sakit sebelumnya.

Studi terpisah di Universitas Columbia di New York meminta orang-orang di Australia, Amerika Serikat dan Kanada untuk berdoa bagi orang-orang pilihan yang menjalani perawatan IVF di Korea. Hasilnya, tingkat keberhasilan implantasi embrio dalam rahim naik dari 8% menjadi 16%. [aba]
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.