Login FB
Tentang Penulis

hidung tersumbat sebelah

Tanya Jawab Oleh Melan | General Health | 11 months ago
dok, saya mw tanya beberapa hari ini hidung sya terasa seperti tersumbat tapi sebelah kiri saja dan mengeluarkan cairan juga dari sebelah kiri saja , seperti ada yg menyumbat tapi juga membuat kerongkongan saya kering dan tdk nyaman

yg sya alami ini hnya hidung tersumbat biasa atau bagaimana dok ?

trimakasih
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
herry2sw @ 11 months ago
Salam Buat Melan

kalo melihat gejala seperti yang melan tuliskan saya menduga bahwa itu merupakan suatu penyakit yang namanya polip nasi.

Polip nasi sendiri merupkan massa dengan permukaan licin, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna pucat keabu-abuan, lobular, dapat tunggal atau multipel dan tidak sensitif (bila ditekan/ditusuk tidak terasa sakit). Warna polip yang pucat tersebut disebabkan oleh sedikitnya aliran darah ke polip. Bila terjadi iritasi kronis atau proses peradangan warna polip dapat berubah menjadi kemerah-merahan dan polip yang sudah menahun warnanya dapat menjadi kekuning-kuningan karena banyak mengandung jaringan ikat.

Tempat asal tumbuhnya polip terutama dari tempat yang sempit di bagian atas hidung, di bagian lateral konka media dan sekitar muara sinus maksila dan sinus etmoid. Di tempat-tempat ini mukosa hidung saling berdekatan. Bila ada fasilitas pemeriksaan dengan endoskop, mungkin tempat asal tangkai polip dapat dilihat. Dari penelitian Stammberger didapati 80% polip nasi berasal dari celah antara prosesus unsinatus, konka media dan infundibulum.

Ada polip yang tumbuh ke arah belakang dan membesar di nasofaring, disebut polip koana. Polip koana kebanyakan berasal dari dalam sinus maksila dan disebut juga polip antro-koana. Menurut Stammberger polip antrokoana biasanya berasal dari kista yang terdapat pada dinding sinus maksila. Ada juga sebagian kecil polip koana yang berasal dari sinus etmoid posterior atau resesus sfenoetmoid.

Keluhan utama penderita polip nasi ialah hidung rasa tersumbat dari yang ringan sampai berat, rinore mulai yang jernih sampai purulen, hiposmia atau anosmia. Mungkin disertai bersin-bersin, rasa nyeri pada hidung disertai sakit kepala di daerah frontal. Bila disertai infeksi sekunder mungkin didapati post nasal drip (seperti ingus yang meler kekeronkongan) dan rinore purulen. Gejala sekunder yang dapat timbul ialah bernafas melalui mulut, suara sengau, halitosis, gangguan tidur dan penurunan kualitas hidup.

Saran untuk Melan sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis THT untuk dilihat lebih lanjut.

Salam Medicalera.